Wednesday, August 15, 2012

Masalah Asus EeePC 1025CE, charge dan baterai selalu muncul pada monitor saat charge (patching charging LED swapped issue)

Sebulan membeli ASUS EeePC 1025CE warna ungu, mulai timbul masalah pertama card reader nggak bisa baca karena kesalahan sedikit, namun di bawa ke service centre Astrindo Sanjaya-Denpasar sorenya langsung jadi (mantap service cepat). Namun setelah itu muncul kembali masalah ketika di charge selalu muncul di monitor netbook "in charge" dan kemudian beberapa saat menjadi "use batteray" begitu seterusnya terjadi, sehingga untuk charge matiin netbook dulu.
Maunya sih bawa lagi ke service center tapi lagi malas, coba tanya pada teknisi service centre kemudian diberikan solusi "update bios". Awalnya terdengar ngeri, waktu jaman dulu update bios kalau salah update yang terjadi mungkin akan menyebabkan kerusakan pada motherboard. Namun setelah melihat pada website http://support.asus.com ternyata ada dua pilihan update bios yakni : 
  1. Pertama dengan cara lama (update melalui DOS),
  2. Langsung aja di Windows.
Nah cara kedua bagi pemula sangat mudah di lakukan, tapi tetap di sarankan lakukan update bios di dampingi oleh orang berpengalaman. Cara kedua selain mudah aplikasi update BIOS sudah ada pada sistem operasi  Windows 7 pada netbook Asus EeePC 1025CE namanya ASUSUpdate (Start Menu >> All Program >>ASUS >> ASUSUpdate).

Sebelum memulai update sebaiknya download dulu file berikut :
Untuk melakukan update bios langkah-langkah sebagai berikut :

  • Jalankan program ASUSUpdate  (Start Menu >> All Program >>ASUS >> ASUSUpdate for Eee PC >> ASUSUpdate). Berikut tampilan program
 
  • Ekstak file zip ROM 1025C-ASUS-1105.zip
  • Langkah pertama adalah backup terlebih dahulu BIOS yang akan di update caranya pilih pada combo box "Save current BIOS to file" klik Next, maka BIOS anda ter-backup.
  • Untuk update BIOS pilih pada combobox "Update BIOS from file" klik Next kemudian browse file ROM BIOS yang sudah di extract tadi kemudian klik Next.
  • Tunggu beberapa saat lumayan lama, karena progres update akan berjalan.
  • Setelah update selesai maka anda akan diminta restart/reboot EeePC anda.
Catatan : Walaupun update BIOS relatif tidak sulit dilakukan namun perlu sedikit ke hati-hatian pada proses update. Mantap, selamat mencoba. Saya berhasil melakukan update dan saya yakin anda juga bisa melakukannya.
Terima Kasih.

46 comments:

  1. Mantabbbbbbb gannn,,asus saya langsung sembuh 100%.. :D
    makasih bgt buat tulisannya yang bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan. Semoga bermanfaat.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Saya nanya dong, asus saya kok ga ada webcam bawaanya ya? cara installnya gmn? cara gunain smart camera yang zoom up to 4x gmn? kalau pake software webcam lain suka berat loadingnya, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas, untuk EeePC punya software bawaan namanya ECam, silahkan coba gunakan itu. Untuk zoom up to 4x biasa hasilnya akan pecah. Kalau software webcam rata-rata berat, namun ada juga yang ringan seperti minicam.

      Delete
  3. saya punya asus ee pc 1015P, lampu lednya hidup tapi tidak ada respon di layar, kira2 masalahnya apa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan yang bermasalah lcd monitor atau kabel flexible. Untuk membuktikan bahwa Eeepc masih nyala maka gunakan monitor PC, hubungkan dengan Eeepc kemudian tekan tombol Fn+F8. Jika pada monitor tampil, berarti ada dua kemungkinan diatas. Saran saya silahkan bawa ke service center resmi ASUS (Astrindo) untuk tahu detailnya.

      Terima Kasih.

      Delete
  4. asus eee pc seashell series lupa serinya warna putih sering bergetar layar lcdnya, trus lama2 ngeblank warna hitam, sudah sya bwa ke asus center katanya dganti kabelnya tp cma bertahan seminggu, kemudian saya bawa lg dganti lg kabelnya tetep sama aj bertahan seminggu, terus dperbaiki lagi tetep bertahan seminggu sampe skg blm sy perbaiki lagi, kira2 itu yg rusak apanya ya? LCD atw apanya tp setiap sya bwa k servis center katanya bkn LCDnya,heran saya, apa emg asus netbook produk gagal ya soalny punya teman saya juga masalah yg sama, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gagal saya kira tidak sepenuhnya seperti itu. Memang dulu saya sempat baca kalau produk itu dipasarkan di Negara yang cuacanya panas (hardware dirancang untuk itu). Sehingga di daerah lembab seperti di Indonesia, produk itu mengalami beberapa masalah. Kalau kasus anda mungkin sebaiknya minta cek ada yang sort pada lcd atau kabel. Kedua minta cek pada VGA di motherboard apakah ada masalah. Cek bagian yang lembab.

      Semoga membantu.

      Delete
    2. dulu pernah dcek LCDny ttp gag ad masalah, terus katany yg bermasalah kabelny, sudah dganti 3x tp tetep aj bergetar, makasi saranny mgkn bsk saya tanyakan lg kservis centerny mengenai VGA di motherboardny soalny juga kdg2 bgtu nyala lsg ngeblank warna hitam gag ad gambar sama sekali, tp masih terdengar suarany pas saya juga lg nyalain winampny..

      suksma bli..

      Delete
    3. Sama-sama. Semoga dapat membantu.

      Delete
  5. pas browsing2 cari keterangan ttg BIOS 1105, nyantol jg dimari,
    jadi tau deh maksudnya "LED swapped issue" itu ya mana.
    saya kirain kerusakan di charger ato baterai, ternyata dr BIOSnya. cukup mengganggu juga sih putus-nyambungnya itu, di layar jg..
    makasih gan.. :)

    ReplyDelete
  6. maaf gan mau nanyak klo untuk asus eee pc X101h apa sama rum update'nya.
    klo gak sama tolong kirimi lingnya ya gan .di
    imamsafii69@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara prinsip sama cuma mungkin rom yang sesuai cari di web support.asus.com. Ada link di web cuma perlu cari model yang sesuai

      Delete
  7. waktu update bios lewat aplikasi itu, baterai dilepas ya?

    ReplyDelete
  8. Ee PC saya masalahnya unik, Ketika Di Shutdown bukannya malah mati tapi hidup, seperti restart.. begitu seterusnya... awalnya saya kira virus.. instal ulang ampek 3x masalahnya sama, lepas baterai langsung pakecharger juga sama.. kira-kira apanya ya Agan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipe apa ? saya tidak pernah mengalami masalah seperti punya agan Abid

      Delete
    2. saya juga gan,.. ASUS EeePC 1025C nggak mau shutdown, maunya cuman restart aja,. udah update bios tetep. akhirnya cuman lepas batrei atau matikan paksa.. :-D

      Delete
  9. bang putu niki, saya mo tanya nih? saya punya asus eee pc flare series tipe 1025CE.
    itu cara menaruh gambar wlpaper di dektop utama bagaimana ya? saya sdh mencari untuk settingnya ko, tdk ada, mohon bantuanya...

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah tipe itu, OS aslinya Windows 7 Starter, jadi nggak bisa diganti wallpaper. Kecuali bang Ali mau instal aplikasi pihak ke-3 seperti Oceanis Change Background Windows 7 : linknya http://dl2.sevenforums.com/dl/Oceanis_Change_Background_W7.zip. Atau software lainnya.

      Delete
  10. netbook aku juga klo lagi di charge kaya gtu ..in charge" dan kemudian beberapa saat menjadi "use batteray" begitu seterusnya.. jadi klo charge harus matiin netbook dulu.

    tapi ko di aku gak ada asus updatenya yaa ..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipenya apa kalau boleh tahu ? Aplikasi untuk update dapat di download di asus support http://www.asus.com/support

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. ko aku gak bisa update bios yaa .. :(

      padahal udah connect internet tapi keterangannya mlah "Network connection error! Please make sure your system is connected to the internet"

      mohon bantuannya .. :)

      Delete
    4. Jangan gunakan via internet, download aja biosnya di web asus sesuai tipe baru kemudian update manual dengan software asus update.

      Delete
  11. Mau tanya kalau 1025ce bisa buat mainan Plant vs Zombie gak? Soalnya ponakan saya pgn bgt main itu. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah coba, tapi dari ukuran screen gamenya, kalau pun mau jalan mungkin cuma kelihatan 3/4 saja.

      Delete
  12. malem gan , saya punya masalah dengan netbook asus 1025c, dri pertama kali beli cuma bertahan sebulan keyboardnya langsung bermasalah,kadang2 beberapa tombol gak jalan, kadang2 gak berfungsi semua, udah saya coba update bios dan driver lain2nya tetep sama...sekarang pas nyala langsung angka "1" kaya kepencet terus..! kira2 dri apanya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu bukan masalah software gan, menurut pengalaman saya seri itu memang mengalami masalah pada hardware keyboard. Kalau masih dalam status garansi minta ganti keyboard di asus center terdekat. Masalah dapat diatasi. Semoga dapat membantu.

      Delete
  13. om, mau tanya ni, asus ane kok aneh yah, dari awal itu ada ada aja masalahnya, minta pencerahannya ini permasalahan terakhir pada asus ane, awalnya asus ane gak mau dimatikan dengan shutdown, kemudian ane restart pc ane, kok gak mau restart juga malahan layarnya mati, tapi mesin masih nyala, sampe sekarang gak mau nyala layar ane tapi mesinnya masih nyala.

    ReplyDelete
  14. Bli Putu Niki, saya punya Asus eee pc flare series tidak bisa booting, dan masuk ke bios system, tp klo dibuka hdd nya bisa masuk bios, dan jg klo hhd dipake eksternal biasa kebaca hhdnya, ...... ada solusi gak, krn klo di on cuma muncul logo ASUS sj?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan HDD bermasalah, coba gunakan HDD lainnya untuk uji coba.

      Delete
  15. ini cara untuk instal ulang ya? kalo bukan gimana ya cara instal ulang asus eee pc 1025c??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan. Kalau install ulang OS asus eeepc dapat menggunakan dvd eksternal atau menggunakan usb disk. Jika menggunakan usb disk maka gunakan software semacam Windows 7 USB DVD Tool untuk membuat instalasi windows 7 via usb disk.
      Kemudian booting lewat usb disk. Selamat mencoba.

      Delete
  16. gan saya update bios tapi,, baru 40% mati listrik gimana ngatasinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau update bios upayakan listrik mati. Kalau listrik mati dan laptop juga mati, sebaiknya dibawa ke service center asus. Riskan mencoba sendiri.

      Delete
  17. maaf gan saya mau mita pencerahan nih, saya punya note book eeepc jg.. waktu itu windows7 nya update pas di shutdown setelah di shutdown eh malah keyboardnya error jd gk fungsi dengan baik. knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. netbook eeepc memang paling sering mengalami kendala di keyboard. tapi kalau hanya update windows sepertinya tidak mempengaruhi keyboard, karena saya juga menggunakan eeepc. sebaiknya cek kembali apakah hardware bermasalah atau cuma setting pada windows ?

      Delete
  18. malem gan, mau tanya nih asus eee pc 1025c punya saya gak bisa masuk menu bios padahal udah dicoba berbagai macam cara gimana solusinya agar bisa masuk bios mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin keyboard rusak ? coba tekan F2 atau DEL.

      Delete
  19. Mungkin keyboard rusak ? coba tekan F2 atau DEL.

    ReplyDelete
  20. gan, ane mau nanya nih
    ASUS eePC 1025CE
    masalahnya, notebook bisa nyala selang 4 detik mati terus nyala lagi selama 3 kali, setelah itu nyala terus tapi logo ASUS tidak mau keluar ...
    terus kemaren di coba di nyalain bisa, tapi setelah di carger kedip2 layarnya, indikator carge putus carge putus terus setelah itu mati ...
    kira2 gimana penanganannya, udah tak lepas baterai bios 5 menit setelah itu tak nyalain tetep gak mau nyala gan ..
    mohon pencerahannya gan :D
    terima kasih :D :D

    ReplyDelete
  21. Webcam asus saya tampilan nya ngeblank gan. kenapa ya? pas dulu masih bisa dipake tp baru jg beberapa hari udh ngeblank. padahal masih baru. tolong dibales ya :)

    ReplyDelete