Thursday, February 7, 2013

Mengatasi Masalah Error Restore dan aktifasi iPhone 3GS SU ke FU.


Saya mencoba untuk menulis pengalaman saya ketika melakukan proses unlock iPhone 3GS dari SU ke FU melalui Unlock IMEI. Kita langsung saja membahas masalah yang terjadi ketika proses unlock berlangsung :
  • Awal mulanya sebelum unlock iPhone 3GS 8 GB Black memiliki iOS 5.1.1 jailbrake dan unlock SU.
  • Saya coba unlock IMEI (permanent), setelah transfer uang esok harinya mendapatkan sms bahwa iPhone sudah di unlock.
  • Hal pertama yang saya lakukan adalah upgrade iOSnya ke versi terbaru 6.0.1, proses install iOS berhasil namun aktifasi SIM Card gagal. Ini adalah awal mula kesalahan proses upgrade iOS, bagi yang memiliki hal yang sama sebaiknya jangan lakukan upgrade iOS, tapi lakukan restore iOS ke versi terbaru. Note proses upgrade iOS secara otomatis juga akan meng-update Firmware Modem/BaseBand dari versi 05.16.08 ke versi 06.15.00 (BB iPad).
  • Sebelum melakukan proses mengubah iOS ke versi terbaru bagi pengguna iPhone 3GS, sebaiknya simpan "SHSH BLobs". atau "Link SHSH Blobs" dengan readsn0w, tinyumbrella maupun software lainnya. Jika secara tidak sengaja BB terupdate dapat di downgrade lagi ke versi sebelumnya dengan ultrasn0w.
  • Download iOS 5.1.1 dan iOS terbaru (saat ini dibuat terbaru iOS 6.1) yang mendukung untuk iPhone 3GS

Jika anda mengalami hal seperti diatas, solusi berikut layak anda coba :
  1. Lakukan downgrade baseband anda ke versi sebelumnya, dengan install iOS 5.1.1 silahkan klik disini untuk tutorialnya.
  2. Setelah proses berhasil, sekarang untuk proses unlock FU berlanjut.
  3. Hubungkan iPhone dengan komputer kemudian buka aplikasi iTunes.
  4. Matikan iPhone anda.
  5. Posisikan iPhone dengan mode DFU (tekan 3 detik tombol power, kemudian tanpa melepas tombol power tekan tombol home selama 10 detik, setelah itu lepaskan tombol power tanpa melepaskan tombol home selama 10 detik).
  6. Catatan : komputer harus terkoneksi internet terlebih dahulu sebelum restore.
  7. Maka iTunes akan melakukan deteksi bahwa iPhone and membutuhkan restore iOS.
  8. Tekan tombol shift dan klik tombol Restore pada iTunes, kemudian pilih iOS terbaru tunggu proses beberapa saat.
  9. Jika anda tidak mengalami masalah setelah akhir instalasi maka akan muncul tulisan "Congratulations, your iPhone has been unloked."
  10. Selesai.


Namun kenyataan tidak seperti diatas, saya tidak langsung lancar instalasi. Hampir 2 minggu mencoba mengalami beberapa error :
  • Error 3194, Error 1601, Error 1602, Error 1604, Error 19, Error -1
  • Mencoba beberapa Tutorial namun setelah mencoba mengatasi error satu muncul error lainnya, akhir menemukan artikel coba saja uninstall software berikut pada komputer anda :
    • iTunes
    • Apple Application Support
    • Apple Mobile Device Support
    • Apple Software Update
    • Bonjour
  • Bersihkan registry dengan software pembersih registy, saya gunakan CCleaner.
  • Restart Komputer Anda.
  • Install iTunes terbaru.
  • Pastikan baterai pada iphone 3GS terisi minimal 50%, untuk mengatasi pesan Error -1 atau Error 1 (terkadang bisa jadi itu penyebabnya).
  • Lakukan langkah 2 diatas.

Saya menggunakan cara diatas untuk mengatasi masalah yang terjadi. iPhone 3GS sudah berhasil saya unlock beberapa jam yang lalu.

Semoga berhasil. Indahnya berbagi.

59 comments:

  1. wah keren ini pengalamannya...mohon saya di ajarin..hehehe...kondisi nya hampir sama dengan kasus iphone 3gs saya..

    ReplyDelete
  2. Silahkan dicoba, mudah2an berhasil. Terima Kasih sudah membaca tulisan kami.

    ReplyDelete
  3. untuk restore ke ios terbaru dri dfu baseband nya ikut ke upgrade lg ga mas ?
    ato udh diakalin pake redsnow ios terbarunya biar baseband ga ikut upgrade lg ?

    ReplyDelete
  4. Restore ke iOS terbaru dengan cara diatas menggunakan file iOS tanpa modifilasi. Kalau restore pengalaman saya diatas tidak meng-update firmware iPhone.

    ReplyDelete
  5. saya mau tanya,
    1. Jika iphone saya SU yang di unlock menjadi FU apa sewaktu akan upgrade ios jadi ngga bisa pakai segala sim card?
    2. Bagaimana cara mengembalikan iphone yang telah di unlock jadi FU kembali ke SU seperti semula?
    mudah-mudahan anda bisa membantu saya..terima kasih :}

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau sudah berstatus FU (factory unlock), tidak akan masalah jika anda update iOS dari iPhone (kalau dari iTunes gunakan restore). Kalau status FU artinya menghilangkan lock dari provider tertentu secara permanen artinya iPhone anda dapat menggunakan segala jenis simcard.
      2. Kalau sudah berstatus FU tidak dapat kembali lagi ke SU. FU artinya iPhone yg bebas digunakan untuk segala simcard.

      Delete
  6. Bro saya mau nanya, saya punya iPhone 3Gs tapi saat saya Restore untuk Upgrade iOS ke 6.1.3 selalu error dan kemudian iPhone saya tidak bisa kembali ke iOS sebelumnnya, saya sudah melakukan Back Up. Apa yang harus saya lakukan bro ?

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu statusnya FU atau SU ? Gunakan restore jangan gunakan upgrade tapi restore.

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu SU bro
      Klu buat jadi FU gimana ?
      iOS saya 6.1.3

      Delete
    2. Status FU (factory unlock) artinya status tidak lock oleh provider tertentu. Kalau SU (software unlock) sebenarnya statusnya terkunci oleh provider tertentu (biasa iphone ini datang dari luar negeri), namun dapat digunakan di indonesia karena telah dimanipulasi secara software.

      Delete
    3. Cara ngebuat jadi FU gimana bro ?
      Pake software apa dan gimana langkah-langkahnya bro ?
      punyaku iOS 6.1.3 udah untethered tapi masih No Service

      Delete
  8. Itu carrier sebelumnya apa ? At&t usa atau apa ? Sms atau whatsapp atau line atau wechat. On the way

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lupa siih bro
      Tapi sekarang udah Not Avalible

      Delete
  9. Chat di no pojok kanan atas blog ini aja.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. mas Putu , masalah saya : ACTIVATION ERROR
    ...klo untuk ini solusi'x gmn y mas putu ...tlg saran'x ?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. statusnya masih su atau fu ? kalau fu seharusnya berhasil.

      Delete
  12. Kalau sempat, pesannya lebih detail ditulis. Supaya kita tahu masalah ya. Itu statusnya Lock atau Unlock (FU) ? Tipe iphone apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iphone 4 ios 6.0.0 / 04.12.02
      status masih lock, mas ...kondisi tersebut setelah saya mencoba unlock menggunakan ULTRASNOW ...

      Delete
    2. Activation kalau pakai iTUnes emang nggak mau kalau statusnya lock, Kecuali mau dibuat FU.

      Delete
    3. Nah , skrg klo dibuat FU ...gmn mas ?

      Delete
    4. Ya harus lakukan transaksi untuk set unlock pada database apple. Itu bergantung imei kemudian yang menentukan harga biasanya provider yang ngelock sebelumnya.

      Delete
  13. saya agus, saya ada kesuliatan dalam hal upgrade iphone 3gs.. kasusnya mirip banget sama mas Yosua Sahuburua.. klo ga keberatan nie.. mas sms aja ke saya nanti biar saya telp. 081275238889.
    saya berharap kali mas putu untuk membantu saya. terima kasih banyak mas.
    wassalam..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu status iPhonenya lock atau unlock ? Whatsapp, Line dll. No 081239991026.

      Delete
  14. Mas mohon Bantuannya ya saya punya masalah sepertti mas yosua dan mas boim.. segala simcard No Service status SU mohon bantuannya ya mas

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kk iphone saya 3gs old BR, sama seperti yg ditulis di atas, setelah dapat sms bahwa iphone sudah di unlock saya restore ke ios 6.1.3 tapi gagal waktu proses aktivasi.
      karena baseband iphone saya 06.15.00, saya diberitahu untuk menurunkan terlebih dahulu baseband saya, dengan menggunakan redsn0w_mac_0.9.15b3 dan ipsw yang 6.0 saya coba turunkan baseband iphone saya
      tapi berkali-kali diulangi downgrading baseband failed terus, saya coba install ipad baseband dulu baru kemudian diturunkan tapi waktu instal ipad baseband failed terus
      saya coba prosesnya di laptop window teman juga failed terus
      kira2 yang menyebabkan failed terus apa ya kk?

      nb: proses install cydia berhasil cuma downgrade baseband aja yg gagal
      saya terkoneksi ke internetnya menggunakan wifi kantor yang pake proxy

      Delete
    2. Kalau saya menggunakan windows proses diatas, ahu saya kalau old BR itu dapat berlangsung lancar2 saja. Kalau restore saat aktivasi gagal itu biasanya penyebabnya, bb sudah naik ke versi 06.15.00.
      Kalau bisa mohon errornya ditulis, sehingga kita bisa tahu dari penyebabnya dari kode error.
      Kalau menurut saya, internet pakai proxy nggak masalah asal diijinkan akses. Coba akses artikel ini semoga dapat membantu.
      http://putuniki.blogspot.com/2013/07/mengatasi-errno7-pada-iphone-3gs.html

      Delete
    3. Coba gunakan ipws iOS 6.xx untuk downgrade baseband. Kemudian gunakan redsnow 0.9.15b untuk men-downgrade. Semoga sukses

      Delete
  16. Mas maaf oot sedikit, saya mau upgrade dari 4.3.3 ke 6.1.3, saya sudah download file .ipsw-nya (untuk iPhone 3GS 16GB), extracting lancar tapi kok pas restoringnya berenti di tengah-tengah ya? Mohon bantuannya mas, thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi iPhone SU atau FU ? Kalau SU biasanya itu yang terjadi.

      Delete
  17. helppp master.... ane bru dapet iphone 3gs 8gb, ane colok ke kompi dan tanpa sengaja terupdate jd ios 6.1.3, tapi muncul error2 sprt yg mastah jelaskan diatas, nah smpe sekarang msh blm jadi dah coba cari tutor2 tp ngga ada yg berhasil, ap yg hrs ane lkukan ...tolongin dong master...

    ReplyDelete
  18. gan iphone 3gs saya kenapa ya cuman ada tmpilan apple kedip2 setelah upgrade ios lewat general

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. mas saya punya iphone 3gs su. dan sekarang tidak bisa di gunakan sm sekali karena terunlock. dan kemarin saya nanya unlock imei 1,3jt carrier roger canada. gara2 ny kmarin mau upgrade ke ios 6.1.3 lwat snowbraze gagal dan terpaksa upgrade di itunes ke 6.1.3. stelah slesai download iphone saya terkunci masuk home tidak bisa, msuk itunes jg tidak bisa. gmn biar bisa di pake lagi iphone?kecuali unlock permanen? dan saya sebelum mau upgrade tidak menyimpan di shs. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba jailbrake pakai readsn0w agar dapat masuk menu iPhone. Semoga Berhasil.

      Delete
  21. gan saya mau nanya, iphone 4g kalo restore ke ios 7 kok selalu error -1 ya,.

    mohon pencerahannya ... thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Error 1 dan -1 menandakan ada masalah pada hardware iphone gan. Kalau yang pernah ane alamin sih, coba charge dulu iphone, baru kemudian restore kembali.

      Delete
  22. bantu dong, iphone 3gs saya baru restore ke ios 6.1.3 setelah selesai restore disuruh setting tapi menyeting berhenti pada memilih jaringan. katanya iphone tidak berisi sim card.
    tolong dibantu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan iphonenya ber-status SU alias LOCK, sehingga tidak dapat deteksi simcard lokal.

      Delete
  23. persoalanya yg sama dgn agan Gus Made...tolong jawabannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan iphonenya ber-status SU alias LOCK, sehingga tidak dapat deteksi simcard lokal.

      Delete
  24. kak..... aku mau nanya ko iphone aku setelah downgrade BB jadi wifi ga konek jaringan jga sama trus baseband (FIRMWARE MODEM) nya ko ga ada... malahan iphone ngerestar terus... mohonn bantuan nya mohonnnnn..... iphone aku 3gs ios 6.1.3 KIRIM YA KE EMAIL AKU.... bimoaji43@gmail.com mksh sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba restore kembali dengan itunes, setelah itu coba downgrade baseband dengan redsnow 0.9.15b dengan ipws 6. Semoga berhasil

      Delete
  25. mas saya punya masalah di iphone 3gs, susah charging di baterai hanya gambar stecker, kemudian sinyal hilang2 awalnya iphone mati mendadak padahal baterai masih 65% kemudian ganti baterai tetap mati mendadak.mohon advicenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya kalau dijailbrake memang boros baterai, program iphone terlalu banyak run juga dapat menjadi penyebab. Kalau tiba2 mati mungkin indikator pendeteksi baterai iphone bermasalah. Charge baterai cepat penuh atau sebaliknya dapat dijadikan ciri2 indikator baterai bermasalah.

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. mas, sya punya masalah iphone 3gs. charge baterai penuh tapi setelah di cabut iphone mendadak mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baterai udah bermasalah. Ganti aja.

      Delete
  28. Iphone 4 saya sudah di unlock ,tapi saya nga tau unclock FU atau SU ,gimana cara chechk nya karena sekarang setelah ganti LCD ringtone dan vibrationya nga nyala!tapi kalau test ringtone ok

    ReplyDelete
  29. Mas Bro.. ane ada iphone 4S ga bisa kartu selular indonesia, bisa nggak di unlock... carrier sebelumnya Softbank (jepang)....

    ReplyDelete
  30. Mas bro saya mau konsul

    Iphone 3gs adek saya ga bisa dipake lagi karena hanya menampilkan logo apel saja dalam keadaan nyala, setelah melakukan reset all setting

    Please advise

    Terima kasih

    ReplyDelete
  31. brow kok iphone 3gs saya baypass lock setelah restore ios dari itunes, gmna ea cara ngatasinya?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete